Mar 7, 2011

Format Sistematika Laporan PTK

Dalam membuat suatu laporan PTK, tentunya kita harus mengetahui formatnya terlebih dahulu. Berikut ini saya sajikan format laporan PTK yang mungkin dapat membantu anda dalam menyusun suatu laporan PTK.

HALAMAN JUDUL

Halaman judul memuat judul penelitian, nama-nama peneliti, nama institusi, dan tahun.

LEMBAR PENGESAHAN

Lembar pengesahan berisi pengesahan oleh Guru Pemandu, Pembimbing, dan Kepala Sekolah tempat penelitian.

KATA PENGANTAR

ABSTRAK

Abstrak berisi saripati unsur-unsur penelitian: permasalahan, tujuan, prosedur penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, dan saran. Abstrak ditulis tidak melebihi satu halaman.

 DAFTAR ISI
 
Daftar isi berisi: Pengantar, Daftar Judul dan Subjudul, Daftar Rujukan, dan Lampiran. Masing-masing butir tersebut dilengkapi dengan nomor halamannya.


Bab I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang. Latar belakang memuat uraian masalah pembelajaran, identifikasi dan analisis masalah, akar penyebab masalah, dan pentingnya masalah tersebut untuk diatasi.

B.  Perumusan Masalah. Rumusan masalah berisi hasil identifikasi dan analisis masalah sebagai rumusan masalah ditulis dalam kalimat tanya. Masalah tersebut akan dipecahkan melalui penelitian.

C.  Tujuan Penelitian. Tujuan penelitian ditulis sesuai dengan rumusan masalah dan tindakan perbaikan. Tujuan Penelitian berbeda dengan tujuan pembelajaran.

D.  Manfaat Penelitian. Manfaat penelitian memuat penjelasan tentang manfaat penelitian bagi guru, siswa, lembaga, dan pengembangan pembelajaran.

E.  Definisi Operasional. Definisi operasional memuat penjelasan, pengertian, maksud, atau batasan dari istilah utama yang digunakan oleh peneliti dalam penelitiannya dan definisi itu dijadikan pedoman bagi peneliti dalam melaksanakan penelitiannya. 

Bab II KAJIAN PUSTAKA

Uraian kajian konsep, teori, pendapat pakar, pengalaman nyata, hasil-hasil penelitian yang relevan dengan masalah dan menjadi landasan tindakan yang dirancang dalam bentuk kerangka pikir untuk meyakinkan tindakan perbaikan yang direncanakan dapat mengatasi masalah. Dari kajian pustaka ini harus menghasilkan hipotesis tindakan, yaitu hasil pemecahan masalah sementara yang didasarkan pada kajian pustaka.

Bab III PELAKSANAAN PENELITIAN

Uraian tentang subjek penelitian, tempat penelitian, waktu penelitian, prosedur setiap siklus (perencanaan, pelaksanaan & pengumpulan data, refleksi).

Bab IV HASIL DAN PEMBAHASAN

-  Uraian tentang data hasil penelitian, mulai dari hasil observasi awal, pelaksanaan pada siklus I, dst.

Sajian hasil analisis data diurutkan sesuai rumusan masalah

-   Pembahasan dapat ditulis terpadu dengan sajian hasil penelitian, dapat pula ditulis terpisah setelah sajian hasil penelitian. Setiap sajian hasil disertai pembahasan, argumentasi mengapa hasilnya seperti itu, dikaitkan dengan pengalaman praktis, teori, pendapat pakar, atau penelitian lain dalam kajian pustaka.

Bab V KESIMPULAN DAN SARAN 

Berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan mengacu pada rumusan masalah, sedangkan saran mengacu pada hasil penelitian.

 DAFTAR PUSTAKA

Daftar semua referensi atau rujukan (buku, artikel, jurnal, dokumen resmi, dll) yang digunakan sebagai acuan penelitian, ditulis secara konsisten mengikuti aturan tertentu (biasanya mencakup nama penulis, tahun penerbitan, judul buku, nama jurnal dan nomor/edisi/volume, nama kota penerbit, nama penerbit).

LAMPIRAN

Hal-hal yang dapat dilampirkan misalnya: RPP, lembar observasi, instrumen penelitian, hasil kegiatan belajar, hasil tes, foto-foto kegiatan, dan dokumen lain yang dianggap perlu dilampirkan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment