Apr 8, 2011

Fungsi Air Susu Ibu (ASI)


Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan yang paling cocok bagi bayi serta mempunyai nilai yang paling tinggi dibandingkan dengan makanan-makanan bayi yang dibuat oleh manusia serta susu hewan, seperti susu sapi, susu kerbau dan sebagainya. Pemanfaatan ASI sangat menguntungkan ditinjau dari berbagai segi, baik dari segi gizi, kesehatan, ekonomi, maupun sosio-psikolog.

Tujuan pemberian ASI kepada bayi dan anak yaitu untuk memberikan makanan terbaik kepada bayi dan anak yang dilahirkan, karena ASI mempunyai nilai gizi sangat tinggi dan mengandung zat kekebalan terhadap penyakit. Di samping itu, dengan pemberian ASI dapat menjalin kasih sayang yang erat sekali antara ibu dan anaknya, baik fisik maupun mentalnya secara baik.

Bagaimana kadar gizi dalam ASI?, ASI yang dikeluarkan pada hari-hari pertama setelah bayi dilahirkan disebut Susu Awal (kolostrum). Kolostrum yang berwarna kekuning-kuningan dan agak kental merupakan makanan bayi yang sangat baik karena mengandung zat gizi yang tinggi dan zat kekebalan terhadap penyakit infeksi yang sangat tinggi.

14 comments:

  1. Artikelnya bagus sekali..

    ReplyDelete
  2. @kucoba
    thanks sob, mudah2an bisa bermanfaat...

    ReplyDelete
  3. setuju tu gan... asi ibu memang sangat bermanfaat bagi gizi anak.....

    ReplyDelete
  4. mantaaf tu gan.... setuju aku gan...
    BAGI SELURUH IBU DAN CALON IBU DI DUNIA,,,
    TELAH DI TETAPKAN UU NO: 1239876000000 2011 "Bagi ibu yang menyusui harus dan di wajibkan memberikan asi".

    ReplyDelete
  5. nice posting..itulah ciptaan Tuhan yang luar biasa...
    salam damai dari ambon..semoga kabar sehat selalu

    ReplyDelete
  6. saran yang baik, memang yang alami lebih baik.

    ReplyDelete
  7. Dengan menyusui, hubungan cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak akan semakin erat dan akan membuat anak merasa tenang dan aman

    ReplyDelete
  8. ASI memberikan kecerdasan 7 x jika diberi ASI eksklusif ( 6 bln pertama hanya diberi ASI SAJA )dibandingkan anak yg tdk diberi ASIatau dicombinasikan dgn susu formula. Dan ASI mencegah diabetes pada anak2. Allah itu maha sempurna dengan ciptaanya.

    ReplyDelete
  9. Link sobat sudah terpasang juga di blog saya, silahkan di check. terima kasih banyak..
    Dunia Gie

    ReplyDelete
  10. It is very good for the baby to be breastfed to avoid constipation problem with infant powder mils that is sold in the market.

    ReplyDelete
  11. Absolutely right and totally natural for babies to be breastfed because humans are not cows.

    ReplyDelete
  12. Thanks for this list, brilliant items. I wouldn’t be without my baby monitor, it’s audio only. So the video baby monitor is brilliant, I will look into this. Also the babycam is great too. I have friends in Australia so constantly Skyping and the Webcam keeps us connected.

    ReplyDelete
  13. Setuju bgt gan dengan ASI bayi bisa tumbuh dengan sehat.

    ReplyDelete
  14. Sebaik apapun susu formula untuk bayi tak akan mampu menandingi ASI

    ReplyDelete